KURVA PENAWARAN 2

| 05/04/12 | 0 komentar |


 Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang telah ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X). 

Contoh:
 seorang pemuda memiliki bisnis dagang assesoris. Lalu pemuda itu membuat daftar barang yang ditawarkannya. Jumlah assesoris yang ditawarkan Ruki-san pada berbagai tingkat harga yaitu



Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas, artinya apabila harga asseoris naik maka jumlah pakaian batik yang ditawarkan ikut mengalami kenaikan. Dari contoh di atas dapat dilihat, bila harga assesoris dari Rp.460.000 menjadi Rp. 670.000 maka terjadi penambahan penawaran sebanyak 15 yaitu dari 10 menjadi 25. maka grafiknya sebagai berikut








KURVA PENAWARAN

| | 0 komentar |


Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai :

                “Yaitu  suatu  kurva  yang  menunjukkan  hubungan  diantara  harga  suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”. 

  •   Kalau  penawaran  bertambah  diakibatkan  oleh  faktor-faktor  di  luar harga, maka supply   bergeser ke kiri atas.
  •  Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas .
  •   Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar .
 
Berikut contoh perhitungan dan grafik kurva penawaran









































 Source: Buku Ekonomi Mikro Universitas Gunadarma