Kelas : 3KA38
NPM : 18110703
membuat garis dengan OpenGL yang aplikasi di gunakan adalah Dev C++
buat project baru untuk memulai awal membuat programnya
Garis Horizontal |
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
digunakan untuk meghapus warna dari latar nya
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
maka layar latar akan berwrna hitam
glPushMatrix ();
baris kode tidak akan berlaku menggunakan ini
glClearColor(1,1,1,0);
clear color berarti warna pada garis akan terhapus
glColor3f(1,1,1); //
jika ingin memilih warnanya masukan kode warnanya
glBegin(GL_LINES);
GL line berarti titik akan ditentukan
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
lalu tentukan derajat titik awal garis
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
dan tentukan derajat titik akhirnya
glEnd ();
pembuatan garis akan di akhiri pada kodingan ini
glPopMatrix ();
dan untuk menyatukannya menggunakan ini
SwapBuffers (hDC);
rubah bagian belakang menjadi buffer layar
Sleep (1);
setelah di run maka hasil outputnya akan seperti gambar di atas
Garis Diagonal |
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
digunakan untuk meghapus warna dari latar nya
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
maka layar latar akan berwrna hitam
glPushMatrix ();
baris kode tidak akan berlaku menggunakan ini
glClearColor(1,1,1,0);
clear color berarti warna pada garis akan terhapus
glColor3f(1,1,1); //
jika ingin memilih warnanya masukan kode warnanya
glBegin(GL_LINES);
GL line berarti titik akan ditentukan
glVertex3f(0,0,-0.8);
lalu tentukan derajat titik awal garis
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
dan tentukan derajat titik akhirnya
glEnd ();
pembuatan garis akan di akhiri pada kodingan ini
glPopMatrix ();
dan untuk menyatukannya menggunakan ini
SwapBuffers (hDC);
rubah bagian belakang menjadi buffer layar
Sleep (1);
setelah di run maka hasil outputnya akan seperti gambar di atas
Garis Vertikal |
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
digunakan untuk meghapus warna dari latar nya
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
maka layar latar akan berwrna hitam
glPushMatrix ();
baris kode tidak akan berlaku menggunakan ini
glClearColor(1,1,1,0);
clear color berarti warna pada garis akan terhapus
glColor3f(1,1,1); //
jika ingin memilih warnanya masukan kode warnanya
glBegin(GL_LINES);
GL line berarti titik akan ditentukan
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
lalu tentukan derajat titik awal garis
glVertex3f(0,0,0.0);
dan tentukan derajat titik akhirnya glEnd ();
pembuatan garis akan di akhiri pada kodingan ini
glPopMatrix ();
dan untuk menyatukannya menggunakan ini
SwapBuffers (hDC);
ubah bagian belakang menjadi buffer layar
Sleep (1);
setelah di run maka hasil outputnya akan seperti gambar di atas
kodingan untuk membuat garis pada dasarnya sama,yang membedakannya hanya saat memasukan nilai derajad pada titik memulai dari awal titik dan akhir
titik
- Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
0 komentar:
Posting Komentar